Judul asli: Skills Training for Counselling
Penulis: Francesca Inskipp
Jumlah halaman: xv+188
Cetakan I: 2012
Penerbit: PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta
ISBN: 978-602-229-131-2
Buku ini adalah tentang keterampilan dan kompetensi untuk
konselor, yang dimaksudkan bagi pada para pelatih yang menyelenggarakan kuliah
tingkat diploma atau master yang menghasilkan konselor, yang berbeda dengan
kuliah-kuliah yang melatih keterampilan konseling bagi orang-orang di dalam helping
profession (profesi penolong) yang
tidak mengenakan label “konselor”.
Buku ini adalah campuran
antara ide-ide dan isu-isu yang berasal dari pembicaraan dan pekerjaan bersama
sesama pelatih dan mahasiswa bertahun-tahun sejak penulis memulai kuliah diploma pada tahun 1973. Penulis berharap buku ini akan menstimulasi
perkembangan-perkembangan baru di bidang pelatihan keterampilan bagi konselor –
jalan yang harus ditempuh masih panjang. Sebagian ide-ide untuk pelatihan
mungkin tampak preskriptif; mereka tidak dimaksudkan seperti itu, tetapi
disuguhkan sebagai ide-ide yang dapat dimasukkan ke dalam gaya Anda sendiri,
atau Anda abaikan begitu saja. Masing-masing bab diakhiri dengan sebuah daftar
pertanyaan yang dapat digunakan untuk diskusi oleh para pelatih dan mahasiswa –
dan, mungkin, klien.
Buku ini ditata dalam
delapan bab, yang dimulai dengan sejarah pelatihan keterampilan, beberapa
kerangka-kerja untuk keterampilan mengajar dan belajar, tempat keterampilan di
dalam kurikulum, setelah itu persiapan untuk mengajar dan untuk membentuk
sebuah kelompok belajar, beberapa ide tentang pengajaran kompetensi dan
pengasesan, dengan bab terakhir tentang kompetensi pelatih.
Lampiran-lampirannya berisi beberapa ide praktis untuk pelatihan keterampilan
dan untuk mengidentifikasi berbagai kompetensi sebagai sebuah metode asesmen.
_______________________________
DAFTAR ISI
PENGANTAR
PENDAHULUAN
Bab 1. Keterampilan-keterampilan
yang Mana? Kompetensi-kompetensi yang Mana?
Bab 2. Kerangka
Kerja dan Isu-isu untuk Pembelajaran Orang Dewasa dan Pembelajaran Keterampilan
Bab 3. Tempat
Pelatihan Keterampilan dalam Kurikulum
Bab 4. Persiapan
untuk Pengajaran Keterampilan
Bab 5. Membentuk
Sebuah Kelompok Belajar
Bab 6. Mengajarkan
Keterampilan-keterampilan dan Kompetensi-kompetensi
Bab 7. Asesmen
Bab 8. Siapa Anda
Sebagai Pelatih Keterampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar