Penulis: Gary Growth – Marnat
Copyright: © 2009
Jumlah halaman: xiii+680
Cetakan I: 2010
Penerbit: PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta
ISBN: 978-602-8764-50-4
Maksud
penulis adalah menciptakan sebuah sumber yang membahas asesmen
dari A sampai Z. Dengan kata lain, penulis bermaksud menyediakan panduan mulai
dari isu-siu asesmen yang lebih besar sampai bagaimana mengklarifikasi
pertanyaan rujukan, dan melalui itu menulis laporan dan berkonsultasi dengan
sumber dan klien rujukan Anda. Penulis berharap
buku ini akan memberikan kejelasan, panduan praktis, wawasan,
dan strategi yang berguna bagi pekerjaan Anda.
Penulis mencoba
mengintegrasikan antara yang terbaik dari ilmu pengetahuan dan yang terbaik
dari praktik. Asesmen psikologis melibatkan pengetahuan teknis. Tetapi, dalam
menyajikan pengetahuan teknis ini, penulis mencoba untuk memisahkan,
mengekstraksi, dan merangkum dengan sejelas-jelasnya informasi inti yang
dibutuhkan para praktisi untuk bisa berfungsi secar akompeten. Pada saat yang
sama asesmen juga tentang sisi yang sangat manusiawi dari memahami, membantu,
dan mengambil keputusan tentang orang-orang. Penulis
mampu memadukan dengan nyaman antara sisi teknis (ilmu pengetahuan) dengan sisi
manusia. Asesmen yang tidak memiliki sisi yang dingin dan kurang di jantungnya.
Agar tetap terhubung dengan sisi praktisi/manusia asesmen, penulis mencoba
selalu berhubungan dan berinteraksi dengan berbagai tantangan personal maupun
profesional yang dihadapi para praktisi. Di dalam dan di antara
kalimat-kalimat di buku ini keterlibatan aktif penulis dengan dunia praktik
akan tampak jelas.
Tujuh tahun berlalu sejak edisi sebelumnya
(edisi keempat). Selama itu, banyak yang telah berubah dan banyak yang masih
tetap sama. Tes-tes besar yang paling sering dipakai oleh para psikolog
profesional tidak berubah. Ini terefleksi pada nomor-nomor dan judul-judul bab
yang sama dengan edisi keempat. Tetapi, ada perubahan-perubahan penting di
dalam bab-bab tersebut. Dua perubahan terpenting ada di dalam bab-bab yang
telah direvisi, yang memasukkan the Wechsler Adult Intelligence Scale, Fourth
Edition (WAIS-IV) dan Wechsler Memory Scale, Fourth Edition (WMS-IV). Revisi
lainnya adalah fokus yang sedikit lebih sempit untuk bab tentang screening untk hendaya neuropsikologis,
yang melibatkan fokus pada the Bender Visual Motor Gestalt Test, Second Edition
(Bender-II) dipadukan dengan Repeatable Battery (Batere yang Dapat Diulang)
untuk the Assessment of Neuropsychological Status (RBANS) yang relatif baru
dikembangkan. Keduanya adalah tes screening
yang relatif singkat untuk hendaya neuropsikologis. RBANS melibatkan pengasesan
sejumlah ranah (ingatan, visuospasial, atensi, bahasa) yang cukup beragam dengan
menggunakan revisi-revisi berbagai alat asesmen yang telah sering dipakai di
bidang neuropsikologi klinis. Tambahan terakhir yang patut dicatat adalah
dimasukkannya informasi yang lebih banyak tentang keanekaragaman seperti
terrefleksi di dalam sub-sub judul bab terkait-test “Gunakan pada Beragam
Kelompok.” Bagian ini merefleksikan penggunaan asesmen yang
lebih ekstensif untuk berbagai macam populasi dan pentingnya bekerja secara
kompeten dan sensitif dengan populasi yang beragam.
Selain itu ada banyak perubahan yang lebih
kecil di sepanjang edisi kelima ini. Edisi ini telah dimutakhirkan sepenuhnya
dengan penelitian baru di lapangan. Juga ada penekanan yang lebih besar untuk
membuat asemen lebih ramah-pengguna dan berorientasi-konsumen. Ini terefleksi
pada saran-saran untuk menggunakan bahasa sehari-hari di dalam laporan,
mengaitkan interpretasi dengan perilaku klien aktual, strategi untuk
interpretasi untuk interpretasi susunan katanya dengan cara yang cenderung
meningkatkan pertumbuhan klien, dan petingnya berkolaborasi dengan klien.
Beberapa bab mengorganisasikan berbagai interpretasi dengan menggunakan
frasa-frasa di dalam bullets. Informasi
tentang the Minnesota Multiphasic Personality Inventory-2 Restructured Form
(MMPI-2 RF), MMPI-2 Personality Psychopathology Five (PSY-5), dan norma-norma
terbaru untuk Rorschach juga dimasukkan. Bab tentang menulis laporan psikologi
dimutakhirkan sepenuhnya, dengan memasukkan contoh-contoh baru untuk laporan
psikologi.. Syaa yakin bahw perubahan-perubahan ini memberikan yang terbaik dan
terpraktis dari apa yang dapat tersedia di dalam asesmen.
_____________________________
DAFTAR ISI
PENGANTAR
BAB 1. PENDAHULUAN
Organisasi Handbook
Peran Klinisi
Pola-pola Penggunaan Tes dalam Asesmen Klinis
Mengevaluasi Tes-tes Psikologis
Validitas Praktik Klinis
Judgment Klinis
Fase-fase dalam Asesmen Klinis
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 2. KONTEKS ASESMEN KLINIS
Tipe-tipe Lingkup Rujukan
Praktik Etis Asesmen
Mengases Kelompok-kelompok yang Beragam
Memilih Tes-tes Psikologi
Asesmen dengan Bantuan Komputer
BACAAN YANG DIREKOMENDASIKAN
BAB 3. WAWANCARA ASESMEN
Sejarah dan Perkembangan
Isu-isu yang terkait dengan Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Wawancara Asesmen dan Riwayat Kasus
Pemeriksaan Status Mental
Interpretasi Data Wawancara
Wawancara Terstrukur
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 4. ASESMEN BEHAVIORAL
Sejarah dan Perkembangan
Isu-isu yang terkait dengan Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Strategi-strategi Asesmen Behavioral
BAB 5. SKALA INTELIGENSI WECHSLER
Pengetesan Kecerdasan: Pro dan Kontra
Sejarah Perkembangan
Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Makna Skor IQ
Beberapa Peringatan dan Pedoma dalam Pengadministrasian
Prosedur Interpretasi Tingkat-Suksesif WAIS-IV/WISC-IV
Mengases Kerusakan Otak
Mengases Populasi-populasi Khusus Lainnya
Bentuk-bentuk Pendek
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 6. SKALA INGATAN WECHSLER
Sejarah dan Perkembangan
Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Pemakaian pada Kelompok-kelompok yang Beragam
Prosedur Interpretasi
Menginterpretasi Pola-pola Skor Indeks
Membandingkan Skor-skor pada WAIS-IV dan WMS-IV
Pertimbangan Lain: Malingering dan Evaluasi Perubahan
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 7. MINNESOTA MULTIPHASIC PERSONALITY
INVENTORY (MMPI)
Sejarah dan Perkembangan
Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Pemakaian pada Kelompok-kelompok yang Beragam
Administrasi
Prosedur Interpretasi
Komputerisasi Interpretasi
Skala-skala Validitas
Skala-skala Klinis
Kode 2-Poin
Skala-skala Isi MMPI-2
Skala-skala Isi MMPI-A
Sub-Subskala Harris-Lingoes dan Si
Beberapa Item Kritis
Skala-skala Suplementer MMPI-2 dan MMPI-A
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 8. MILLON CLNICAL MULTIAXIAL INVENTORY
(MCMI)
Sejarah dan Perkembangan
Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Pemakaian pada Kelompok-kelompok yang Beragam
Prosedur Interpretasi
Modifying Indices (Skala-skala Validitas)
Clinical Personality Pathology
Clinical Syndromes
Severe Syndromes
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 9. CALIFORNIAN PSYCHOLOGICAL INVENTORY
Sejarah dan Perkembangan
Perbandingan dengan MMPI
Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Pemakaian pada Kelompok-kelompok yang Beragam
Prosedur Interpretasi
Interpretasi Skala Vektor
Skala Indivisual
Skala-skala untuk Maksud Khusus
Interpretasi Konfigural
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 10. RORSCHACH
Sejarah dan Perkembangan
Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Pemakaian pada Kelompok-kelompok yang Beragam
Arah di Masa yang Akan Datang
Administrasi
Penskoran
Rangkuman Struktural
Interpretasi
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 11. THEMATIC APPERCEPTION TEST (TAT)
Sejarah dan Perkembangan
Perspektif Teoretik
Reliabilitas dan Validitas
Kelebihan dan Kekuarangan
Pemakaian pada Kelompok-kelompok yang Beragam
Administrasi
Tema-tema Tipikal
Prosedur Penskoran
Interpretasi
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 12. SCREENING UNTUK HENDAYA NEUROPSIKOLOGIS
Sejarah dan Perkembangan
Wawancara untuk Hendaya Otak
Ranah-ranah Fungsi Neuropsikologis
Bender Visual Motor Gestalt Test
Repeatable Battery for the Assessment of Neuropsychological Status
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 13. INSTRUMEN-INSTRUMEN PENDEK UNTUK RENCANA
PENANGANAN, MONITORING, DAN ASESMEN HASIL
Memilih Instrumen-instrumen Pendek
Symptom Checklist-90-R ((SCL-90-R) dan Brief Symptom Inventory (BSI)
Beck Depression Inventory (BDI)
State-Trait Anxiety Inventory (STAI)
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 14. ASESMEN PSIKOLOGIS DAN RENCANA PENGAMANAN
Pengembangan dan Pendekatan pada Rencana Penanganan
Sebuah Pendekatan Sistematik untuk Pemilihan Penanganan
Hendaya Fungsional
Dukungan Sosial
Kompleksitas/Kronisitas Masalah
Coping Style
Resistensi
Distres Subjektif
Fase Problem-Solving
Bacaan yang Direkomendasikan
BAB 15. LAPORAN PSIKOLOGIS
Pedoman Umum
Format Laporan Psikologis
Contoh-contoh Laporan
Bacaan yang Direkomendasikan
Lampiran A Penerbit/Distributor Tes
Lampiran B Organisasi Pengetesan
Lampiran C Tabel-tabel Norma WISC
untuk Klaster-klaster Klinis
Lampiran D Petunjuk untuk Penskoran
Manual Skala-skala Validitas dan Klinis MMPI-2
Lampiran E Norma-norma Rorschach untuk
Penskoran Kategori-kategori
Lampiran F Norma-norma
Rorschach untuk Rasio, Persentase, dan Indeks-indeks Khusus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar