Jumat, 01 April 2016

PSIKOLOGI KLINIS: ILMU PENGETAHUAN, PRAKTIK, DAN BUDAYA (POMERANTZ)


Judul asli: Clinical Psychology: Science, Practice, and Culture (3rded)
Penulis: Andrew M. Pomerantz
Copyright: © 2013
Jumlah halaman: xxviii+745
Cetakan I: 2014
Penerbit:  PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta
ISBN: 978-602-229-300-2
Harga: Rp 285.000 BELI
                                                                             

Psikologi klinis adalah bidang yang semakin ekspensif. Buku ini megintroduksikan secara efektif kepada para mahasiswa tentang beragam isu yang dicakupnya. Alasan penulis untuk menulis texbook ini multifaset:

·       Memberikan pendekatan berimbang ke psikolgi klinis. Perdebatan sehat di dalam psikologi klinis tidak pernah kekurangan, dan penulis percaya bahwa cara ideal untuk mengintroduksikan kepada para mahasiswa tentang spektrum opini-opini yang direpresentasikan oleh psikolog klinis adalah dengan memaksimalkan handedness teksnya.
·       Mempromosikan kompetensi kultural. Psikolog klinis harus mengapresiasi faktor-faktor kultural di semua aktivitasnya, dan ketika mahasiswa membiasakan dirinya sendiri dengan bidang ini, sensitivitas kultural harus ikut dimasukkan ke dalam pelajaran mereka.
·       Menawarkan banyak contoh ilustratif, termasuk aplikasi klinis untuk topik-topik yang relevan secara klinis.
·       Menulis dengan gaya yang profesional namun jelas dan mudah diakses dan memasukkan informasi terkini pada semua topik. Di samping itu, buku ini mencakup ragam topik yang sangat luas namun dengan tetap mempertahankan derajat kedalaman yang adekuat.

APA SAJA YANG SAMA DI EDISI KETIGA INI?
Edisi ini mempertahankan semua kekuatan di edisi sebelumnya, yaitu:

  • Boks-boks Mempertimbangkan Budaya muncul di hampir setiap bab. Boks-boks   ini menyoroti aspek-aspek multikultural dari beragam topik yang dibahas di   sepanjang buku ini. Bersama diskusi-diskusi tentang budaya yang   diintegrasikan di sepanjang teks, boks-boks ini mendorong mahasiswa untuk   mengapresiasi isu-isu yang relevan secara kultural di seputar penelitian,   psikoterapi, asesmen, dan topik-topik lain.
  • Bab 4, “Isu-isu Kultural dalam Psikologi Klinis,” seluruhnya dikhususkan untuk topik-topik yang berkaitan dengan multikulturalisme.
  • Wawancara dengan sembilan ahli ternama di bidang klinis multikultural muncul di Bab 4 dan di website pendampingnya. Para ahli ini – Melba Vasquez, Frederick Leong, Richard Williams, Monica McGoldrick, Joseph Trimble, Nadya Faoud, Kathleen Bieschke, Karen Haboush, dan Lewis Schlosser – masing-masing mendiskusikan kompetensi kultural dengan sebuah kelompok budaya tertentu berdasarkan etnisitas, agama, gender, atau orientasi seksual.
  • Boks-boks Secara Metaforik muncul di hampir setiap bab. Boks-boks ini menggunakan metafor untuk mengajari mahasiswa tentang konsep-konsep baru dengan menarik garis paralel dengan konsep-konsep yang sudah mereka kenal dengan baik.
  • Boks-boks Denise dalam Psikoterapi _____ muncul di semua bab yang relevan dengan psikoterapi. “Denise” adalah seorang klien terapi fiktif yang diciptakan secara eksklusif untuk textbook ini. Ia diintroduksikan di akhir Bab 11, dan boks-boks Denis yang mucul di akhir setiap bab selanjutnya mengilustrasikan baaimana ia ditangani sesuai pendekatan psikodinamik, humanistik, behavioral, kognitif, dan kelompok.
  • Bab 3, “Berbagai Kontroversi Terkini dalam Psikologi Klinis,” seluruhnya digunakan untuk isu-isu kontemporer seperti kewenangan menulis resep, praktik berdasarkan bukti, dan kemajuan teknologi.
  • Bab 5, “Isu-isu Etik dalam Psikologis Klinis,” dikhususkan untuk isu-isu etis dalam psikologi klinis.
  • Bab 12 sampai 16 masing-masing dikhususka untuk pendekatan atau modalitas psikoterapi tertentu (misalnya psikodinamik, humanistik, behavioral, kognitif, dan kelompok/keluarga), dan masing-masing membahas mengenai versi terkini terapi-terapi termasuk ni, termasuk mindfulness-based therapies, motivational interviewing, dan behavioral activation.

APA YANG BARU DI EDISI KETIGA INI
Edisi ini mencakup banyak perbaikan dan pemutakhiran:

  • Lebih dari 350 referensi baru,   termasuk lebih dari 250 yang dipublikasikan sejak tahun 2010, yang   memastikan pembahasan yang amat sangat mutakhir di seluruh bab.
  • Ikon (tiga sampai lima per bab) di tepi bab merujuk mahasiswa ke sumber-sumber berbasis-web (misalnya, video, website, artikel), yang dapat diakses melalui student study site yang telah diseleksi secara cermat untuk meningkatkan pembelajaran tentang konsep-konsep kunci.
  • Mobile tags (kode QR) di akhir setiap bab menautkan mahasiswa melalui smartphone ke video-video singkat penulis yang menawarkan contoh-contoh klinis dari praktiknya sendiri, rangkuman bab, atau komentar untuk meningkatkan pembelajaran konsep-konsep bab.
  • Pembahasan yang diperluas tentang pendidikan pascasarjana, termasuk usul-usul penerapan, di Bab 1 (“Psikologi Klinis: Definisi dan Pelatihan”)
  • Pembahasan yang diperluas tentang praktik berbasis-bukti, termasuk isu-isu yang berkaitan dengan penyebarluasan dan adaptasi berbasis-budaya, di Bab 3 (“Kontroversi-kontroversi di bidang Psikologi Klinis Saat Ini”) dan Bab 4 (“Isu-isu Kultural di bidang Psikologi Klinis”).
  • Bab-bab yang diperkuat dan dimutakhirkan tentang psikoterapi, yang memasukan materi baru tentang intervensi-intervensi positif dan konseling berbasis-kekuatan, tahap-tahap perubahan, hubungan-hubungan psikoterapi yang bekerja, bukti empirik untuk komponen-komponen tertentu dari terapi psikodinamik dan humanistik, dan lebih banyak lagi.
  • Bab-bab yang diperkuat dan dimutakhirkan tentang asesmen, yang memasukkan materi baru tentang kemungkinan-kemungkinan perubahan di dalam revisi Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders yang akan datang; cakupan baru the Wechsler Memory Scale; dan edisi baru tes-tes seperti WIAT-III, MMPI-2-RF, dan lain-lain.
  • Pembahasan tentang tren-tren baru di bidang psikologi kesehatan (Bab 18), yang memasukkan afirmasi nilai-nilai dan patient-centered medical homes.

TAMBAHAN BAGI MAHASISWA DAN PENGAJAR
Sumber Informasi Mahasiswa: www.sagepub.com/pomerantz3e

Sumber-sumber informasi mahasiswa terbuka ini menyediakan sumber informasi tambahan untuk membentuk pemahaman mahasiswa tentang isi buku dan pembelajaran yang lebih luas daripada di luar. Mahasiswa sebaiknya mengakses sumber informasi berikut ini:

  • Masing-masing bab di dalam buku   ini disertai oleh kuis-mandiri, yang terdiri atas 10-15 pertanyaan benar/salah dan pilihan-ganda agar mahasiswa mampu menilai kemajuan mereka dalam mempelajari materi kuliah secara mandiri.
  • E-flashcards menguatkan mahasiswa dalam mempelajari istilah dan konsep kunci dalam buku.
  • Esai fiksi alam bentuk Contoh Studi Kaus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan prinsip-prinsip terapeutik yang terdapat dalam bab-bab penting.
  • Wawancara Ahli Budaya dengan para pakar terkemuka dalam bidang isu-isu pembahasan multikultural psikoterapi, asesmen, dan pelatihan berdasarkan kelompok-kelompok kultural tertentu, termasuk yang didasarkan pada etnisitas, agama, gender, dan orientasi seksual.
  • Artikel Jurnal SAGE menyediakan akses teks untuk artikel terbaru dan relevan dari jurnal penelitian milik SAGE. Masing-msing artikel berisi pertanyaan diskusi dan memibimbing interpretasi mahasiswa.
  • Sumber-sumber web dipilih secara hati-hati agar relevan dengan penggunaan yang mandiri dan eksplorasi topik-topik kunci berdasarkan kelas.
  • Data contoh asesmen menyajikan profil-profil asesmen realistis yag memberikan pembahasan yang sangat mendalam tentang klien-klien fiktif.

Sumber Informasi Pengajar: www.sagepub.com/pomerantz3e

Situs yang dilengkapi dengan kata kunci bagi pengajar memberikan sumber informasi untuk masing-masing bab

  • Kumpulan test terbaru tersedia dalam Microsoft Word menyajikan serangkaian pertanyaan tes dan jawaban untuk membantu pengajar dalam menilai kemajuan dan pemahaman mahasiswa.
  • Presentasi PowerPoint yang dirancang untuk membantu melalui penjelesan dan meresensi topik, fitur, dan karya-karya esensial dalam buku.
  • Aktivitas Kelas dan pertanyaan diskusi disediakan untuk mendorong pembelajaran aktif.

DAFTAR ISI
PENGANTAR
BAGIAN I. PENGENALAN PSIKOLOGI KLINIS     
Bab 1. Psikologi Klinis: Definisi dan Pelatihan
Bab 2. Evolusi Psikologi Klinis
Bab 3. Berbagai Kontroversi Terkini dalam Psikologi Klinis
Bab 4. Isu-isu Kultural dalam Psikologi Klinis
Bab 5. Isu-isu Etik dalam Psikologi Klinis
Bab 6. Mengadakan Penelitian dalam Psikologi Klinis  
BAGIAN II. PENILAIAN (ASSESSMENT)    
Bab 7. Isu-isu Diagnosis dan Klasifikasi
Bab 8. Wawancara Klinis
Bab 9. Asesmen Intelektual dan Neuropsikologis
Bab 10. Asesmen Kepribadian dan Asesmen Perilaku
BAGIAN III. PENGENALAN PSIKOLOGI KLINIS  
Bab 11. Isu-isu Umum dalam Psikooterapi
Bab 12. Psikoterapi Psikodinamik
Bab 13. Psikoterapi Humanistik
Bab 14. Psikoterapi Behavioral
Bab 15. Psikoterapi Kognitif
Bab 16. Terapi Kelompok dan Keluarga 
BAGIAN IV. TOPIK-TOPIK KHUSUS 
Bab 17. Psikologi Klinis Anak dan Remaja
Bab 18. Psikologi Kesehatan (Laura A. Pawlow dan Andrew M. Pomerantz)
Bab 19. Psikologi Forensik (Bryce F. Sullivan dan Andrew M. Pomerantz)                                


Tidak ada komentar:

Posting Komentar