Penulis: Andrew M.
Pomerantz
Copyright: © 2013
Jumlah halaman: xxviii+745
Cetakan I: 2014
Penerbit: PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta
ISBN: 978-602-229-300-2
Harga: Rp 285.000 BELI
Psikologi
klinis adalah bidang yang semakin ekspensif. Buku ini megintroduksikan secara
efektif kepada para mahasiswa tentang beragam isu yang dicakupnya. Alasan
penulis untuk menulis texbook ini
multifaset:
· Memberikan pendekatan berimbang ke
psikolgi klinis. Perdebatan sehat di dalam psikologi klinis
tidak pernah kekurangan, dan penulis percaya bahwa cara ideal untuk
mengintroduksikan kepada para mahasiswa tentang spektrum opini-opini yang
direpresentasikan oleh psikolog klinis adalah dengan memaksimalkan handedness
teksnya.
· Mempromosikan kompetensi kultural. Psikolog
klinis harus mengapresiasi faktor-faktor kultural di semua aktivitasnya, dan
ketika mahasiswa membiasakan dirinya sendiri dengan bidang ini, sensitivitas
kultural harus ikut dimasukkan ke dalam pelajaran mereka.
· Menawarkan banyak contoh ilustratif,
termasuk aplikasi klinis untuk topik-topik yang relevan secara klinis.
· Menulis dengan gaya yang profesional
namun jelas dan mudah diakses dan memasukkan informasi terkini pada semua
topik. Di samping itu, buku ini mencakup ragam topik yang
sangat luas namun dengan tetap mempertahankan derajat kedalaman yang adekuat.
APA SAJA YANG SAMA DI EDISI KETIGA INI?
Edisi
ini mempertahankan semua kekuatan di edisi sebelumnya, yaitu:
- Boks-
boks Mempertimbangkan Budayamuncul dihampir setiap bab . Boks-boks ini menyoroti aspek -aspek multikultural dariberagam topik yangdibahas disepanjang buku ini . Bersamadiskusi -diskusi tentang budaya yangdiintegrasikan disepanjang teks ,boks -boks ini mendorong mahasiswa untuk mengapresiasi isu -isu yangrelevan secara kultural diseputar penelitian ,psikoterapi ,asesmen ,dan topik -topik lain . - Bab 4, “Isu-isu Kultural dalam
Psikologi Klinis,” seluruhnya dikhususkan untuk topik-topik yang berkaitan
dengan multikulturalisme.
- Wawancara dengan sembilan ahli
ternama di bidang klinis multikultural muncul di Bab 4 dan di website
pendampingnya. Para ahli ini – Melba Vasquez, Frederick Leong, Richard
Williams, Monica McGoldrick, Joseph Trimble, Nadya Faoud, Kathleen
Bieschke, Karen Haboush, dan Lewis Schlosser – masing-masing mendiskusikan
kompetensi kultural dengan sebuah kelompok budaya tertentu berdasarkan
etnisitas, agama, gender, atau orientasi seksual.
- Boks-boks Secara Metaforik muncul di hampir setiap bab. Boks-boks ini
menggunakan metafor untuk mengajari mahasiswa tentang konsep-konsep baru
dengan menarik garis paralel dengan konsep-konsep yang sudah mereka kenal
dengan baik.
- Boks-boks Denise dalam Psikoterapi _____ muncul di semua bab yang
relevan dengan psikoterapi. “Denise” adalah seorang klien terapi fiktif
yang diciptakan secara eksklusif untuk textbook
ini. Ia diintroduksikan di akhir Bab 11, dan boks-boks Denis yang mucul di akhir setiap
bab selanjutnya mengilustrasikan baaimana ia ditangani sesuai pendekatan
psikodinamik, humanistik, behavioral, kognitif, dan kelompok.
- Bab 3, “Berbagai Kontroversi Terkini dalam Psikologi Klinis,”
seluruhnya digunakan untuk isu-isu kontemporer seperti kewenangan menulis resep,
praktik berdasarkan bukti, dan kemajuan teknologi.
- Bab 5, “Isu-isu Etik dalam Psikologis Klinis,” dikhususkan untuk isu-isu etis dalam psikologi klinis.
- Bab 12 sampai 16 masing-masing dikhususka untuk pendekatan
atau modalitas psikoterapi
tertentu (misalnya
psikodinamik, humanistik, behavioral, kognitif, dan kelompok/keluarga),
dan masing-masing membahas
mengenai
versi terkini terapi-terapi termasuk ni, termasuk mindfulness-based therapies, motivational interviewing, dan behavioral activation.
APA YANG BARU DI EDISI KETIGA INI
Edisi
ini mencakup banyak perbaikan dan pemutakhiran:
Lebih dari 350referensi baru ,termasuk lebih dari 250 yangdipublikasikan sejak tahun 2010, yangmemastikan pembahasan yangamat sangat mutakhir diseluruh bab .- Ikon (tiga sampai lima per bab)
di tepi bab merujuk mahasiswa ke sumber-sumber berbasis-web (misalnya,
video, website, artikel), yang dapat diakses melalui student study site yang telah diseleksi secara cermat untuk
meningkatkan pembelajaran tentang konsep-konsep kunci.
- Mobile
tags (kode QR) di akhir setiap bab menautkan mahasiswa
melalui smartphone ke
video-video singkat penulis yang menawarkan contoh-contoh klinis dari
praktiknya sendiri, rangkuman bab, atau komentar untuk meningkatkan
pembelajaran konsep-konsep bab.
- Pembahasan yang diperluas tentang
pendidikan pascasarjana, termasuk usul-usul penerapan, di Bab 1
(“Psikologi Klinis: Definisi dan Pelatihan”)
- Pembahasan yang diperluas tentang
praktik berbasis-bukti, termasuk isu-isu yang berkaitan dengan
penyebarluasan dan adaptasi berbasis-budaya, di Bab 3
(“Kontroversi-kontroversi di bidang Psikologi Klinis Saat Ini”) dan Bab 4
(“Isu-isu Kultural di bidang Psikologi Klinis”).
- Bab-bab yang diperkuat dan
dimutakhirkan tentang psikoterapi, yang memasukan materi baru tentang intervensi-intervensi
positif dan konseling berbasis-kekuatan, tahap-tahap perubahan,
hubungan-hubungan psikoterapi yang bekerja, bukti empirik untuk
komponen-komponen tertentu dari terapi psikodinamik dan humanistik, dan
lebih banyak lagi.
- Bab-bab yang diperkuat dan
dimutakhirkan tentang asesmen, yang memasukkan materi baru tentang
kemungkinan-kemungkinan perubahan di dalam revisi Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders yang
akan datang; cakupan baru the Wechsler Memory Scale; dan edisi baru tes-tes
seperti WIAT-III, MMPI-2-RF, dan lain-lain.
- Pembahasan tentang tren-tren baru
di bidang psikologi kesehatan (Bab 18), yang memasukkan afirmasi
nilai-nilai dan patient-centered
medical homes.
TAMBAHAN BAGI MAHASISWA DAN PENGAJAR
Sumber-sumber informasi mahasiswa terbuka ini
menyediakan sumber informasi
tambahan untuk membentuk
pemahaman mahasiswa tentang isi buku dan pembelajaran yang lebih luas daripada di luar. Mahasiswa sebaiknya mengakses sumber informasi berikut ini:
- Masing-
masing bab didalam buku ini disertai oleh kuis-mandiri, yang terdiri atas 10-15 pertanyaan benar/salah dan pilihan-ganda agar mahasiswa mampu menilai kemajuan mereka dalam mempelajari materi kuliah secara mandiri. - E-flashcards
menguatkan
mahasiswa dalam mempelajari
istilah
dan konsep kunci dalam buku.
- Esai fiksi alam bentuk Contoh
Studi Kaus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan prinsip-prinsip
terapeutik yang terdapat dalam
bab-bab penting.
- Wawancara
Ahli
Budaya dengan para pakar terkemuka dalam bidang isu-isu pembahasan multikultural
psikoterapi, asesmen, dan pelatihan berdasarkan kelompok-kelompok kultural tertentu,
termasuk yang didasarkan pada etnisitas, agama, gender, dan orientasi
seksual.
- Artikel
Jurnal SAGE menyediakan
akses teks untuk artikel
terbaru
dan relevan dari
jurnal penelitian milik SAGE.
Masing-msing
artikel berisi pertanyaan
diskusi dan memibimbing interpretasi
mahasiswa.
- Sumber-sumber
web dipilih secara hati-hati agar relevan dengan penggunaan yang mandiri dan eksplorasi
topik-topik kunci berdasarkan
kelas.
- Data
contoh asesmen
menyajikan
profil-profil asesmen realistis yag memberikan pembahasan yang sangat mendalam tentang
klien-klien fiktif.
Situs yang dilengkapi dengan kata kunci bagi pengajar
memberikan sumber informasi untuk masing-masing bab
- Kumpulan test
terbaru
tersedia dalam Microsoft Word menyajikan serangkaian pertanyaan tes dan jawaban untuk membantu pengajar dalam menilai kemajuan dan
pemahaman mahasiswa.
- Presentasi
PowerPoint yang dirancang untuk membantu melalui penjelesan dan meresensi topik, fitur,
dan karya-karya
esensial dalam
buku.
- Aktivitas
Kelas dan pertanyaan diskusi disediakan untuk mendorong pembelajaran aktif.
DAFTAR ISI
PENGANTAR
BAGIAN
I. PENGENALAN PSIKOLOGI KLINIS
Bab 1. Psikologi Klinis: Definisi dan Pelatihan
Bab 2. Evolusi Psikologi Klinis
Bab 3. Berbagai Kontroversi Terkini dalam Psikologi
Klinis
Bab 4. Isu-isu Kultural dalam Psikologi Klinis
Bab 5. Isu-isu Etik dalam Psikologi Klinis
Bab 6. Mengadakan Penelitian dalam Psikologi Klinis
BAGIAN
II. PENILAIAN (ASSESSMENT)
Bab 7. Isu-isu Diagnosis dan Klasifikasi
Bab 8. Wawancara Klinis
Bab 9. Asesmen Intelektual dan Neuropsikologis
Bab 10. Asesmen Kepribadian dan Asesmen Perilaku
BAGIAN
III. PENGENALAN PSIKOLOGI KLINIS
Bab 11. Isu-isu Umum dalam Psikooterapi
Bab 12. Psikoterapi Psikodinamik
Bab 13. Psikoterapi Humanistik
Bab 14. Psikoterapi Behavioral
Bab 15. Psikoterapi Kognitif
Bab 16. Terapi Kelompok dan Keluarga
BAGIAN
IV. TOPIK-TOPIK KHUSUS
Bab 17. Psikologi Klinis Anak dan Remaja
Bab 18. Psikologi Kesehatan (Laura A. Pawlow dan Andrew
M. Pomerantz)
Bab 19. Psikologi Forensik
(Bryce F. Sullivan dan Andrew M. Pomerantz)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar