Jumat, 01 April 2016

EDUCATIONAL PSYCHOLOGY, ACTIVE LEARNING EDITION




Penulis: Anita Woolfolk
Copyright: ©2008
Jumlah halaman: xvi+736
Cetakan I: 2009
Penerbit: PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta
ISBN: 978-692-8479-74-5
Harga: Rp 350.000,- BELI

Pembaca buku ini mungkin sedang mengikuti kuliah psikologi pendidikan sebagai bagian persiapan profesional Anda untuk mengajar, konseling, terapi bicara, atau psikologi. Materi di dalam teks ini mestinya menarik bagi siapapun yang peduli tentang pendidikan dan belajar, mulai dari relawan prasekolah sampai instruktur program masyarakat untuk orang-orang dengan disabilitas. Tidak dibutuhkan latar belakang di bidang psikologi atau pendidikan untuk memahami materinya. Teksnya diupayakan bebas jargon dan bahasa teknis, dan banyak orang telah turut berusaha untuk membuat edisi ini jelas, relevan, dan menarik.
Teks ini masih mempertahankan format baru yang unik yang diciptakan untuk Active Learning Edition sebelumnya. Kalau Anda belum melihat teks tersebut, teks ini barangkali berbeda dengan semua textbook yang pernah Anda temui. Teks ini terbagi menadi 42 modul yang mudah dibaca, masing-masing diikuti dengan kegiatan “Periksalah Sendiri” untuk memeriksa pemahaman Anda dan menerapkan pengetahuan baru Anda. Penelitian di bidang psikologi pendidikan menunjuk pada beberapa alasan mengapa format ini akan membantu Anda belajar. Pertama, kita sudah bertahun-tahun tahu bahwa belajar lebih cepat dan lebih permanen bila Anda mempelajari cuilan-cuilan kecil dalam waktu yang lebih lama daripada  berusaha menjejalkan lebih banyak pembelajaran ke otak Anda dalam waktu singkat (lihat Modul 19 dan 20 untuk alasan mengapa distributed practice lebih baik dari massed practice). Selain itu, kita juga tahu bahwa pembelajaran lebih mendalam dan lebih bermakna bila Anda mempraktikkan apa yang Anda baca – menghubungkan dan menerapkan pemahaman-pemahaman Anda sebelum Anda menjadi terlalu jauh tertinggal dari informasi baru. Lihat Modul 5, 18, 19, 20, 23, dan 26 untuk penjelasan tentang mengapa active learning – membentuk koneksi (hubungan) dan aplikasi (penerapan) – mendukung pembelajaran dan pengingatan. Ketiga, kita tahu bahwa motivasi menjadi lebih tinggi bila tujuannya spesifik, tugasnya memiliki tantangan moderat, dan dapat diselesaikan dengan waktu dan usaha yang masuh akal (lihat Modul 16, 28, dan 30 untuk alasannya). Keempat, testing dan pemeriksaan yang lebih sering terhadap pemahaman awal akan mengkoreksi miskonsepsi dan membuat Anda belajar lagi sehingga Anda tidak akan mengingat informasi yang keliru, seperti yang akan Anda lihat di Modul 37 dan 42. Terakhir, kami tahu bahwa hidup Ada sudah cukup padat dan tugas-tugas Anda juga banyak, jadi bacaan yang lebih pendek dan lebih manageable akan lebih cocok dengan jadwal Anda. Periksa PDA atau date book Anda untuk menemukan sebabnya – well, Anda toh sudah tahu. Menguasai modul-modul belajar aktif ini akan membantu Anda untuk menjadi lebih self-regulating dan sepenuhnya memegang kendali atas kehidupan akademik Anda sendiri (lihat Moduler 29 dan 31 untuk belajar lebih banyak tentang self-efficacy dan self-regulation). Jadi, selamat datang ke cara yang lebih baik dan lebih berbasis-penelitian untuk belajar Psikologi Pendidikan – subjek favorit saya.
Sejak edisi pertama Educational Psychology muncul, sudah ada banyak perkembangan menarik di bidang ini. Edisi kesepuluh masih terus menekankan implikasi pendidikan dan aplikasi penelitian tentang perkembangan anak, ilmu kognitif, belajar, mengajar, dan asesmen. Teori dan praktik tidak dipisahkan, tetapi dibahas bersama-sama; teks in menunjukkan bagaimana informasi dan ide-ide yang diambil dari penelitian di bidang psikologi pendidikan dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai masalah pengajaran sehari-hari. Untuk mengeksplorasi hubungan antara pengetahuan dan praktik, ada banyak contoh, segmen pelajaran, studi kasus, guideline, dan kiat praktis dari guru-guru berpengalaman. Di sepanjang teks ini Anda akan ditantang untk memikirkan tentang nilai dan kegunaan ide-ide di setiap klaster, dan Anda akan melihat bagaimana prinsip-prinsip psikologi pendidikan bekerja.
                                                                                                  

DAFTAR ISI

PENGANTAR
KLASTER 1  GURU, PENGAJARAN, DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN  
Modul 1   Guru, Pengajaran, dan Psikologi Pendidikan
KLASTER 2  PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA          
Modul 2   Perkembangan: Beberapa Prinsip Umum
Modul 3   Teori Perkembangan Kognitif Piaget
Modul 4   Perspektif Sosiokultural Vygotsky
Modul 5   Implikasi Piaget dan Vygotsky bagi Para Guru
KLASTER 3  PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA          
Modul 6   Memahami Diri dan Orang Lain
Modul 7   Sosialisasi: Keluarga, Teman Sebaya, dan Guru
Modul 8   Perkembangan Emosional dan Moral
KLASTER 4  PERBEDAAN PEMBELAJAR DAN KEBUTUHAN PEMBELAJARAN           
Modul 9   Perbedaan Individual: Inteligensi, Pemrosesan Kognitif, dan Gaya Pembelajaran
Modul 10 Integrasi dan InklusiL Mengajar Semua Anda di Kelas Masa Kini
Modul 11 Perbedaan Kemampuan dan Pengajaran
KLASTER 5  BUDAYA DAN MASYARAKAT
Modul 12 Keanekaragaman di Kelas Dewasa Ini
Modul 13 Anak Laki-laki dan Anak Perempuan: Perbedaan di Kelas
Modul 14 Menciptakan Kelas yang Kompatibel Secara Kultural
KLASTER 6  PANDANGAN BEHAVIORAL TENTANG PEMBELAJARAN            
Modul 15 Penjelasan Behavioral tentang Pembelajaran: Kontihuitu, Classical Conditioning, dan Operant Conditioning
Modul 16 Applied Behavior Analysis (Analisis Perilaku Terapan)
Modul 17 Observational Learning dan Cognitive Behavioral Modification
KLASTER 7  PANDANGAN KOGNITIF TENTANG PEMBELAJARAN     
Modul 18 Elemen-elemen Perspektif Kognitif: Pemrosesan Informasi
Modul 19 Ingatan Jangka Panjang: Tujuan Pengajaran
Modul 20 Kognisi, Metakognisi, dan Pengajaran
KLASTER 8  PROSES-PROSES KOGNITIF KOMPLEKS
Modul 21 Pembelajaran dan Pengajaran tentang Konsep
Modul 22 Problem-Solving dan Kreativitas
Modul 23 Mengajar untuk Transfer
KLASTER 8  PANDANGAN-PANDANGAN KOGNITIF SOSIAL DAN KONSTRUKTIVIS TENTANG PEMBELAJARAN
Modul 24 Teori-teori Kognitif Sosial
Modul 25 Konstruktivisme Kognitif dan Sosial
Modul 26 Aplikasi Perspektif Konstruktivis dan Situated Perspective pada Pembelajaan
KLASTER 9  MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN
Modul 27 Motivasi: Sebuah Definisi dan Empat Pendekatan Umum
Modul 28 Kebutuhan, Tujuan, Interes, dan Emosi
Modul 29 Keyakinan dan Skema-Diri
Modul 30 Motivasi untuk Pembelajaran di Sekolah: On TARGET
KLASTER 10  ENGAGED LEARNING: KERJA SAMA DAN KOMUNITAS
Modul 31 Proses-proses Sosial dan Kerja Sama
Modul 32 Komunitas Kelas
KLASTER 11  MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN
Modul 33 Menciptakan Sebuah Pembelajaran yang Positif
Modul 34 Memelihara Lingkungan yang Baik untuk Pembelajaran
Modul 35 Kebutuhan Komunikasi
KLASTER 12  PENGAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN AKADEMIK      
Modul 36 Langkah Pertama: Perencanaan
Modul 37 Pengajaran yang Berpusat-pada-Guru dan Ekspektasi Guru
Modul 38 Pengajaran yang Berpusat-pada-Siswa di Berbagai Bidang Isi dan di Kelas-kelas Inklusif
KLASTER 13  EVALUASI, PENGUKURAN, DAN ASESMEN
Modul 39 Definisi dan Konsep
Modul 40 Tes-tes Terstandar
Modul 41 Mendapatkan Manfaat Sebesar-besarnya dari Pendekatan Asesmen Kelas Tradisional: Testing dan Pernilaian
Modul 42 Inovasi-inovasi dalam Asesmen Kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar