Judul
asli: Educational Psychology: Active Learning Edition, Tenth Edition (2 jilid)
Penulis: Anita Woolfolk
Copyright: ©2008
Jumlah halaman: xvi+736
Cetakan I: 2009
Penerbit: PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta
ISBN: 978-692-8479-74-5
Harga: Rp 350.000,- BELI
Pembaca buku ini mungkin sedang mengikuti kuliah psikologi pendidikan sebagai bagian persiapan profesional Anda untuk mengajar, konseling, terapi bicara, atau psikologi. Materi di dalam teks ini mestinya menarik bagi siapapun yang peduli tentang pendidikan dan belajar, mulai dari relawan prasekolah sampai instruktur program masyarakat untuk orang-orang dengan disabilitas. Tidak dibutuhkan latar belakang di bidang psikologi atau pendidikan untuk memahami materinya. Teksnya diupayakan bebas jargon dan bahasa teknis, dan banyak orang telah turut berusaha untuk membuat edisi ini jelas, relevan, dan menarik.
Teks ini
masih mempertahankan format baru yang unik yang diciptakan untuk Active Learning Edition sebelumnya.
Kalau Anda belum melihat teks tersebut, teks ini barangkali berbeda dengan
semua textbook yang pernah Anda
temui. Teks ini terbagi menadi 42 modul yang mudah dibaca, masing-masing
diikuti dengan kegiatan “Periksalah Sendiri” untuk memeriksa pemahaman Anda dan
menerapkan pengetahuan baru Anda. Penelitian di bidang psikologi pendidikan
menunjuk pada beberapa alasan mengapa format ini akan membantu Anda belajar.
Pertama, kita sudah bertahun-tahun tahu bahwa belajar lebih cepat dan lebih
permanen bila Anda mempelajari cuilan-cuilan kecil dalam waktu yang lebih lama
daripada berusaha menjejalkan lebih
banyak pembelajaran ke otak Anda dalam waktu singkat (lihat Modul 19 dan 20
untuk alasan mengapa distributed practice
lebih baik dari massed practice).
Selain itu, kita juga tahu bahwa pembelajaran lebih mendalam dan lebih bermakna
bila Anda mempraktikkan apa yang Anda baca – menghubungkan dan menerapkan
pemahaman-pemahaman Anda sebelum Anda menjadi terlalu jauh tertinggal dari
informasi baru. Lihat Modul 5, 18, 19, 20, 23, dan 26 untuk penjelasan tentang
mengapa active learning – membentuk
koneksi (hubungan) dan aplikasi (penerapan) – mendukung pembelajaran dan
pengingatan. Ketiga, kita tahu bahwa motivasi menjadi lebih tinggi bila
tujuannya spesifik, tugasnya memiliki tantangan moderat, dan dapat diselesaikan
dengan waktu dan usaha yang masuh akal (lihat Modul 16, 28, dan 30 untuk
alasannya). Keempat, testing dan pemeriksaan yang lebih sering terhadap
pemahaman awal akan mengkoreksi miskonsepsi dan membuat Anda belajar lagi
sehingga Anda tidak akan mengingat informasi yang keliru, seperti yang akan
Anda lihat di Modul 37 dan 42. Terakhir, kami tahu bahwa hidup Ada sudah cukup
padat dan tugas-tugas Anda juga banyak, jadi bacaan yang lebih pendek dan lebih
manageable akan lebih cocok dengan
jadwal Anda. Periksa PDA atau date book Anda
untuk menemukan sebabnya – well, Anda
toh sudah tahu. Menguasai modul-modul belajar aktif ini akan membantu Anda untuk
menjadi lebih self-regulating dan
sepenuhnya memegang kendali atas kehidupan akademik Anda sendiri (lihat Moduler
29 dan 31 untuk belajar lebih banyak tentang self-efficacy dan self-regulation).
Jadi, selamat datang ke cara yang lebih baik dan lebih berbasis-penelitian
untuk belajar Psikologi Pendidikan – subjek favorit saya.
Sejak edisi
pertama Educational Psychology muncul,
sudah ada banyak perkembangan menarik di bidang ini. Edisi kesepuluh masih
terus menekankan implikasi pendidikan dan aplikasi penelitian tentang
perkembangan anak, ilmu kognitif, belajar,
mengajar, dan asesmen. Teori dan praktik tidak dipisahkan, tetapi dibahas
bersama-sama; teks in menunjukkan bagaimana informasi dan ide-ide yang diambil
dari penelitian di bidang psikologi pendidikan dapat diterapkan untuk mengatasi
berbagai masalah pengajaran sehari-hari. Untuk mengeksplorasi hubungan antara
pengetahuan dan praktik, ada banyak contoh, segmen pelajaran, studi kasus, guideline, dan kiat praktis dari
guru-guru berpengalaman. Di sepanjang teks ini Anda akan ditantang untk
memikirkan tentang nilai dan kegunaan ide-ide di setiap klaster, dan Anda akan
melihat bagaimana prinsip-prinsip psikologi pendidikan bekerja.
DAFTAR ISI
PENGANTAR
KLASTER 1 GURU, PENGAJARAN, DAN
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Modul 1 Guru, Pengajaran, dan
Psikologi Pendidikan
KLASTER 2 PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN
BAHASA
Modul 2 Perkembangan: Beberapa
Prinsip Umum
Modul 3 Teori Perkembangan Kognitif Piaget
Modul 4 Perspektif Sosiokultural
Vygotsky
Modul 5 Implikasi Piaget dan
Vygotsky bagi Para Guru
KLASTER 3 PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN
BAHASA
Modul 6 Memahami Diri dan Orang Lain
Modul 7 Sosialisasi: Keluarga, Teman
Sebaya, dan Guru
Modul 8 Perkembangan Emosional dan
Moral
KLASTER 4 PERBEDAAN PEMBELAJAR DAN
KEBUTUHAN PEMBELAJARAN
Modul 9 Perbedaan
Individual: Inteligensi, Pemrosesan Kognitif, dan Gaya Pembelajaran
Modul 10 Integrasi dan InklusiL
Mengajar Semua Anda di Kelas Masa Kini
Modul 11 Perbedaan Kemampuan dan
Pengajaran
KLASTER 5 BUDAYA DAN MASYARAKAT
Modul 12 Keanekaragaman
di Kelas Dewasa Ini
Modul 13 Anak Laki-laki dan Anak
Perempuan: Perbedaan di Kelas
Modul 14 Menciptakan Kelas yang
Kompatibel Secara Kultural
KLASTER 6 PANDANGAN BEHAVIORAL TENTANG
PEMBELAJARAN
Modul 15 Penjelasan
Behavioral tentang Pembelajaran: Kontihuitu, Classical Conditioning, dan
Operant Conditioning
Modul 16 Applied Behavior Analysis
(Analisis Perilaku Terapan)
Modul 17 Observational Learning dan
Cognitive Behavioral Modification
KLASTER 7 PANDANGAN KOGNITIF TENTANG
PEMBELAJARAN
Modul 18 Elemen-elemen
Perspektif Kognitif: Pemrosesan Informasi
Modul 19 Ingatan Jangka Panjang:
Tujuan Pengajaran
Modul 20 Kognisi, Metakognisi, dan
Pengajaran
KLASTER 8 PROSES-PROSES KOGNITIF
KOMPLEKS
Modul 21 Pembelajaran dan Pengajaran
tentang Konsep
Modul 22 Problem-Solving dan Kreativitas
Modul 23 Mengajar untuk Transfer
KLASTER 8 PANDANGAN-PANDANGAN
KOGNITIF SOSIAL DAN KONSTRUKTIVIS TENTANG PEMBELAJARAN
Modul 24 Teori-teori
Kognitif Sosial
Modul 25 Konstruktivisme Kognitif dan
Sosial
Modul 26 Aplikasi
Perspektif Konstruktivis dan Situated
Perspective pada Pembelajaan
KLASTER 9 MOTIVASI DALAM
PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN
Modul 27 Motivasi:
Sebuah Definisi dan Empat Pendekatan Umum
Modul 28 Kebutuhan, Tujuan, Interes,
dan Emosi
Modul 29 Keyakinan
dan Skema-Diri
Modul 30 Motivasi
untuk Pembelajaran di Sekolah: On TARGET
KLASTER 10 ENGAGED LEARNING: KERJA SAMA DAN KOMUNITAS
Modul 31 Proses-proses
Sosial dan Kerja Sama
Modul 32 Komunitas Kelas
KLASTER 11 MENCIPTAKAN LINGKUNGAN
PEMBELAJARAN
Modul 33 Menciptakan Sebuah
Pembelajaran yang Positif
Modul 34 Memelihara Lingkungan yang
Baik untuk Pembelajaran
Modul 35 Kebutuhan Komunikasi
KLASTER 12 PENGAJARAN UNTUK
PEMBELAJARAN AKADEMIK
Modul 36 Langkah Pertama: Perencanaan
Modul 37 Pengajaran yang
Berpusat-pada-Guru dan Ekspektasi Guru
Modul 38 Pengajaran yang
Berpusat-pada-Siswa di Berbagai Bidang Isi dan di Kelas-kelas Inklusif
KLASTER 13 EVALUASI, PENGUKURAN, DAN
ASESMEN
Modul 39 Definisi
dan Konsep
Modul 40 Tes-tes Terstandar
Modul 41 Mendapatkan
Manfaat Sebesar-besarnya dari Pendekatan Asesmen Kelas Tradisional: Testing dan
Pernilaian
Modul 42 Inovasi-inovasi
dalam Asesmen Kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar