Rabu, 16 Maret 2016

RISET PENDIDIKAN: PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN EVALUASI RISET KUALITATIF DAN KUANTITATIF




Penulis: John Creswell
Copyright: © 2015 by Pearson Education.  
Jumlah halaman: xviii+1364
Cetakan I: 2015
Penerbit: PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta
ISBN: 978-602-229-570-9
Harga: Rp 300.000  BELI


Buku ini menawarkan ikhtisar yang benar-benar berimbang, inklusif, dan terintegrasi tentang bidang ini sebagaimana posisinya saat ini. Seperti yang Anda lihat dari daftar isi, buku ini unik karena penyajiannya yang berimbang tentang penelitian kuantitatif dan kualitatif. Di samping itu, buku ini secara konsisten menelaah isu-isu mendasar penelitian – sebagai contoh, menentukan bagaimana cara mendekati sebuah proyek dan memahami datanya dan cara menganalisisnya – dari perspektif kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Pendekatan ini membantu mahasiswa untuk memahami perbedaan dan persamaan fundamental di antara pendekatan-pendekatan ini. Buku ini memiliki tiga maksud utama:
  • menyediakan pembahasan berimbang tentang penelitian kuantitatif dan kualitatif
  • membantu mahasiswa belajar bagaimana mulai melaksanakan penelitian
  • membantu mahasiswa belajar bagaimana membaca dan mengevaluasi penelitian.

Buku ini menelaah secara mendalam langkah-langkah di dalam proses penelitian:
  1. Mengidentifikasi masalah penelitian
  2. Meninjau literatur
  3. Menentukan maksud dan pertanyaan atau hipotesis penelitian
  4. Mengumpulkan data kuantitatif atau kualitatif
  5. Melaporkan dan mengevaluasi penelitian

Pedoman langsung tentang membaca penelitian ditawarkan di sepanjang teks. Untuk membantu lebih jauh mahasiswa agar lebih terampil dalam menginterpretasi dan mengevaluasi penelitian, buku ini menawarkan sejumlah fitur. Fitur-fitur yang terpenting antara lain adalah banyaknya artikel yang dimasukkan di dalam teks dan fitur “Informasi yang Bermanfaat untuk Konsumen Penelitian”:

·       Buku ini menyediakan artikel-artikel penelitian teranotasi di setiap bab tentang disain di Bagian 3. Dua artikel lain – yang satu kualitatif, yang satu kuantitatif – muncul di akhir Bab 1. Seluruh artikel lengkap (ada banyak cuplikan artikel lain yang lebih pendek di dalam buku ini) memasukkan anotasi-anotasi pinggir yang dihighlight yang membantu mahasiswa untuk memahami struktur artikel dan isu-isu kunci yang seharusnya diperhatikan oleh pembaca pada waktu mengevaluasi kualitas dan cakupan penelitian yang dapat diterapkan.
·       Fitur “Informasi yang Bermanfaat untuk Konsumen Penelitian” muncul di akhir setiap bab dan menawarkan pedoman kongkret dalam menginterpretasi dan mengevaluasi penelitian.

Rancangan-rancangan Penelitian yang dibahas di dalam buku ini adalah sebagai berikut:

-Rancangan Eksperimental
-Rancangan Korelasional
-Rancangan Survey
-Rancangan Grounded Theory
-Rancangan Etnografi
-Rancangan Penelitian Naratif
-Rancangan Metode Campuran
-Rancangan Penelitian Tindakan

DAFTAR ISI
BAGIAN 1. PENDAHULUAN
Bab 1. Proses Pelaksanaan Penelitian dengan Menggunakan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif

BAGIAN 2. LANGKAH-LANGKAH DALAM PENELITIAN
Bab 2. Identifikasi Permasalahan Penelitian
Bab 3. Tinjauan Kepustakaan
Bab 4. Penetapan Maksud dan Pertanyaan atau Hipotesis Penelitian
Bab 5. Pengumpulan Data Kuantitatif
Bab 6. Analisis dan Interpretasi Data Kuantitatif
Bab 7. Pengumpulan Data Kuantitatif
Bab 8. Analisis dan Interpretasi Data Kualitatif
Bab 9. Laporan dan Evaluasi Penelitian

BAGIAN 3. RANCANGAN PENELITIAN

Bab 10. Rancangan Eksperimental
Bab 11. Rancangan Korelasional
Bab 12. Rancangan Survey
Bab 13. Rancangan Grounded Theory
Bab 14. Rancangan Etnografi
Bab 15. Rancangan Penelitian Naratif
Bab 16. Rancangan Metode Campuran
Bab 17. Rancangan Penelitian Tindakan


LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar